13 Jenis Sablon Kaos Distro yang Perlu diketahui Tukang Sablon

13 Jenis Sablon Kaos Distro yang Perlu diketahui Tukang Sablon – Tidak banyak penyablon atau tukang sablon yang tahu jika sablon itu ada bermacam-macam. Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang jenis-jenis sablon kaos distro atau baju distro yang biasa saya gunakan berdasarkan pengalaman saya selama 15 tahun lebih bergelut dalam usaha penyablonan di kota Bandung.

sablon kaos

Selain tingkat kekuatan atau keawetan hasil sablon pada kaos distro, tampilan sablon kaos juga menjadi suatu keharusan untuk menilai jenis cat sablon tertentu dikatakan bagus. Pengaruh lain dari kualitas sablon juga tidak serta merta terletak pada jenis sablon maupun merknya. Kemahiran pekerja serta tingkat kreatifitas juga penting karena sangat mempengaruhi hasil sablonan pada pakaian. Tidak heran jika ada dua produsen yang berbeda memproduksi pakaian dengan bahan sablon yang sama namun setelah diteliti kualitas pakaian dari produsen A lebih bagus dari produsen B, begitu sebaliknya. Silakan simak uraian singkat untuk 13 jenis sablon kaos distro dibawah ini agar Anda lebih mengerti.

1. Jenis Sablon Kaos Rubber
Para profesional sering menyebut sablon karet karena sablon mempunyai sifat yang menutupi serat kain yang timbul dan hasil sablonan yang elastis. Sablon jenis ini merupakan jenis tinta sablon yang paling sering dipakai. Kepekatannya yang baik cocok untuk menyablon kain yang berwarna gelap. Selain digunakan untuk sablon utama, biasanya sablon rubber dimanfaatkan untuk sablon dasar sebelum kain diberi sablon yang lain. Keunggulan cat sablon ini ialah cenderung awet dan bisa disetrika.

2. Jenis Sablon Kaos Pigmen
Sablon kaos distro jenis pigmen bagus digunakan untuk menyablon warna-warna kain yang terang. Sablon pigmen mempunyai sifat seperti tinta yang menyerap kedalam serat kain. Kekurangan dari sablon pigmen ialah tidak bisa dipakai untuk menyablon kain atau baju yang berwarna gelap, karena biasanya warna sablon baju pigmen kalah dengan warna kain itu sendiri.

3. Jenis Sablon Kaos Super White
Sablon jenis ini memiliki karakteristik yang hampir sama seperti sablon rubber yang dapat menembus serat kain. Perbedaannya adalah jenis sablon super white lebih transparan. Cat sablon jenis ini tersedia dalam dua varian yaitu color dan white. Super white juga bisa dipakai menyablon kain berwarna gelap.

4. Jenis Sablon Kaos Plastisol
Sablon plastisol terbuat dari minyak/PVC yang memiliki daya rekat sangat kuat. Kelebihan yang tidak dimiliki jenis cat sablon lain adalah plastisol bisa mencetak raster atau dot yang sangat kecil. Dengan segala kelebihannya sablon plastisol menjadi salah satu jenis sablon yang lumayan mahal. Hasil sablonan dari plastisol tidak bisa kering dibawah suhu 160 derajat cecius sehingga membutuhkan peralatan khusus untuk mengeringkannya.

5. Jenis Sablon Kaos Glow in the dark
Sablon jenis ini memiliki keistimewaan bersinar di tempat yang gelap. Sablon glow in the dark terbuat dari bahan dasar dan campuran fosfor. Sablon ini pun bagus jika dikombinasikan dengan sablon yang lainnya.

6. Jenis Sablon Kaos Discharge
Jenis sablon ini memiliki kemampuan khusus untuk merubah warna dasar kain dengan unsur kimia yang terkandung didalamnya. Tujuannya adalah untuk dicat dengan warna baru pada kain atau pakaian sesuai yang diinginkan.

7. Jenis Sablon Kaos Floaking
Proses penyablonan dengan menggunakan sablon floaking umumnya menggunakan bahan tambahan seperti beludru sebagai lapisan agar membentuk permukaan timbul yang dilekatkan dengan perekat tertentu. Jenis sablon ini tersedia dalam dua varian yaitu lembaran dan bubuk. Dibutuhkan presser untuk penyablonan menggunakan jenis lembaran supaya sablon bisa daya lekat lebih kuat.

8. Jenis Sablon Kaos Foam
Sablon dengan bahan karet yang menghasilkan efek timbul. Penyablonan membutuhkan proses pemanasan agar efek timbul yang dihasilkan bisa maksimal.

9. Jenis Sablon Kaos Glitter
Jenis sablon yang berbentuk tinta dikombinasikan dengan zat mengkiat. Hasil sablon dari glitter tampak modern dan glamor karena unsur stransparan yang dihasilkan tampak indah. Sebagian orang berpendapat jenis ini merupakan jenis sablon terbaik.

10. Jenis Sablon Kaos Foil
Keistimewaan dari jenis sablon foil yaitu sablonan terlihat mengkilat dan jernih. Dalam proses penyablonan dengan foil digunakan lapisan kertas logam yang direkatkan dengan perekat khusus.

11. Jenis Sablon Kaos High Density
Jenis sablon high density terbuat dari bahan plastisol yang memberikan efek kinclong dan terlihat basah. Efek timbul yang dihasilkan juga sangat tajam.

12. Jenis Sablon Kaos Sablon Pasta
Sablonan dari pasta lebih kaku dengan efek timbul yang menyerupai sablon rubber.

13. Jenis Sablon Kaos DTG
Berbeda dengan jenis sablon yang lain DTG dalam prosesnya membutuhkan mesin digital dan biasanya dipakai untuk penyablonan dalam julah besar.

Dengan membaca 13 Jenis Sablon Kaos Distro di atas, kini Anda para tukang sablon menjadi tahu, ternyata sablon ada beberapa jenis.

Iklan

Penulis: Baju Kaos Distro

Bisnis jual baju kaos distro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s